Harga Bibit Kopi Robusta

Kata robusta ini awalnya berasal dari kata ‘robust’ yang mana artinya kuat,yang sesuai dengan gambaran postur (body) atau tingkat kekentalannya yang begitu kuat. Jenis kopi robusta ini bukan merupakan spesies karena hal tersebut terjadi bahwa  jenis kopi robusta ini merupakan turunan dari spesies Coffea canephora.

Kopi robusta sendiri dapat tumbuh sangat baik pada dataran rendah,namun hal itu akan terjadi jika lokasi untuk membudidayakan tanaman ada pada ketinggian 400-900 meter dpl. Dengan suhu optimal pertumbuhan mencapai 24-30oC dengan tingkat curah  hujan berkisar 2000-3000 mm per tahun.

Harga Bibit Kopi Robusta

Jenis kopi robusta ini sangat cocok ditanam pada daerah dengan suhu tropis,dan juga dapat dibudidayakan pada cuaca dengan kontur tanah basah. Dengan begitu maka dipastikan  bahwa budidaya kopi rubista ini haruslah intensif,karena kopi robusta ini akan mulai berbuah pada umur sekitar 2,5 tahun. Dengan begitu maka kopi robusta ini akan berbuah dengan baik,tanaman kopi robusta  ini membutuhkan waktu kering sekitar 3-4 bulan dalam setahun,dengan catatan terjadi apabila sering turun hujan.

Jenis kopi robusta ini juga dapat menghendaki kontur tanah yang cukup gembur dan kaya akan bahan organik. Pada tingkat keasaman tanah (pH) yang cukup ideal untuk tanaman ini berkisar antara angka 5,5-6,5. Jenis kopi robusta ini sangat dianjurkan dibudidayakan di bawah naungan pohon besar lain nya agar mudah tumbuh dan tahan lama.

Karakterstik utama biji Kopi Robusta

Cabang reproduksi pada kopi robusta ini akan tumbuh  dengan sempurna dengan ciri tegak lurus. Yang mana,terdapat bahwa buah kopi robusta ini menghasilkan satu kuncup cabang primer yang dapat tumbuh dengan mendatar. Pada bagian cabang primer ini mempunyai tekstur yang cukup lentur sehingga dengan begitu akan membentuk tajuk mirip seperti payung.

Pada bagian daun tanaman kopi robusta ini membulat seperti bentuk telur,yang mana pada bagian ujung daun meruncing hingga tumpul. Daun kopi robusta juga dapat tumbuh lebat pada sekitar bagian batang,cabang dan ranting. Pada dasarnya kopi jenis robusta ini mempunyai batang dan juga cabang dengan pertumbuhan yang tegak lurus dengan susunan daun yang berselang-seling, Sedang pada bagian ranting dan juga bagian pada cabang-cabangnya sedikit berposisi mendatar dengan sepasang daun yang dapat tumbuh sangat baik pada bidang yang sama. 

Kopi jenis robusta ini merupakan tanaman kopi yang lebih relatif tahan terhadap penyakit sejenis nya seperti karat daun,terlebih jenis kopi robusta ini sudah mulai tumbuh  bunga pada umur sekitar 2 tahun.

Yang mana hal ini diawali dengan tumbuhnya bunga yang tumbuh subur pada bagian ketiak cabang primer. Setiap ketiak ini terdapat antara 3-4 kelompok bunga,bunga ini biasanya akan mekar di awal musim kemarau,yang mana hal tersebut sangat berbeda dengan jenis liberika,pada bagian bunga jenis robusta ini melakukan penyerbukan secara silang.

Biji kopi robusta ketika masih muda akan dominan mempunyai warna hijau,namun setelah masak akan berubah menjadi warna merah tua. Meski begitu,jenis kopi robusta yang sudah matang penuh akan menempel dengan kuat pada tangkainya. Dalam hal ini biji kopi robusta memerlukan jangka waktu tumbuh dari mulai berbunga hingga kopi siap panen berkisar dengan rentang waktu antara 10 hingga 11 bulan.

Rasa unik kopi robusta

Menurut beberapa barista yang menjamur di kota-kota besar mengungkapkan jika jenis kopi robusta ini merupakan jenis kopi yang merajai sebagian wilayah di Indonesia,karena memang import kopi robusta ini sangat banyak ditemukan dengan mutu terbaik. Tidak hanya itu saja, jenis kopi robusta ini memang salah satu jenis kopi yang memiliki citarasa yang lebih kuat dibadingkan dengan kopi jenis Arabika.

Harga Bibit Kopi Robusta

Berikut adalah kriteria lahan yang sangat cocok untuk penanaman pohon kopi Robusta :

  • Lokasi lahan lebih baik dibuat agak teduh, pokoknya tidak terkena paparan sinar matahari selama lebih dari 6 jam.
  • Daerahnya beriklim tropis mengingat tanaman kopi ini merupakan tanaman tropis.
  • Memiliki kadar asam (pH) tanah sekitar 5,5 – 6,5.
  • Kopi robusta merupakan jenis tanaman yang mampu tumbuh subur dengan kontur tanah yang sangat gembur dan cukup akan persediaan unsur hara.
  • Penanaman pohon peneduh bagi pohon kopi robusta agar tidak mudah terpapar sinar matahari
  • Pohon kopi jenis robusta ini sangat cocok bila ditanam di daerah yang memiliki rata – rata ketinggian mencapai 60 mdpl. Dan akan timbuh secara baik dan optimal bila tidak melebihi ketinggian mencapai 800 mdpl,karena pada ketinggian tersebut,tanaman kopi jenis robusta ini akan mulai mengalami perlambatan akan proses tumbuh dan berkembangnya

Manfaat Tanaman Kopi Robusta Bagi Kesehatan

 1. Mencegah Dan Mengatasi Serangan Jantung

Tanaman Kopi jenis Robusta adalah salah satu jenis biji kopi yang banyak memiliki kandungan vitamin A serta mempunyai banyak kandungan senyawa polifenol yang cukup dominan,kandungan vitamin A pada tanaman Kopi Robusta ini dapat mencapai 40 persen untuk setiap 100 gram-nya. Persentase ini setidaknya telah memenuhi sebanyak 66% dari angka kebutuhan gizi harian yang disarankan untuk manusia dewasa.

Namun, ada hal begitu menarik lainnya terkait dengan kandungan vitamin C pada tanaman Kopi Robusta tersebut. Ternyata, vitamin C ini juga menghasilkan manfaat tersendiri khususnya pada tanaman Kopi jenis Robusta,yakni menyehatkan organ jantung. Ya, penyakit jantung ini merupakan momok menakutkan bagi seluruh umat manusia. Khususnya bagi mereka yang sudah berusia setidaknya menginjak 30 tahun ke atas, oleh karena itu perlu adanya kewaspadaan dan juga memperhatikan pola makan keseharian,karena serangan jantung ini acap kali datang secara tiba-tiba dan tak di sangka-sangka.

2. Menetralisir kinerja Dan Fungsi Ginjal

Manfaat Kopi Robusta yang lain juga bisa anda rasakan,ketika anda sedang mengalami gangguan terutama pada fungsi ginjal. Hal semacam ini memang harus menjadi perhatian lebih,mengingat bahwa fungsi utama  hinjal adalah Sebagai tempat terjadinya proses detoksifikasi, maak organ pada ginjal pun harus selalu berada dalam kondisi prima dan bugar, atau kalau fungsi ginjal ini tidak stabil lagi,maka racun-racun yang ada di dalam tubuh akan menyebar dengan mudahnya dan bisa mengganggu jaringan tubuh lainnya.

3. Mengatasi Gejala Morning Sickness Khusus Ibu Hamil

Morning sickness adalah gejala awam yang mana gejala semacam ini kerap sekali dialami oleh para ibu hamil berupa rasa pusing,mual, dan lemas. Maka,dengan rutin mengkonsumsi tanaman Kopi Robusta maka hal tersebut bisa menjadi salah satu solusi untuk meredakan gejala morning sickness secara berkala

Ya, ini dia manfaat Kopi Robusta untuk ibu hamil. Kandungan zat besi yang terdapat di dalam biji Kopi Robusta ini secara optimal mampu mengatasi rasa pusing, mual, dan letih yang acap kali dialami para ibu-ibu hamil, terutama pada waktu pagi hari. Zat besi yang ada di pada biji Kopi Robusta ini juga sangat berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin yang ada di dalam darah.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>